Cara cetak Poster Agar Hasil Maksimal dan Berkualitas

Cara cetak Poster Agar Hasil Maksimal dan Berkualitas
Rate this post

Cetak Poster selalu menjadi pusat perhatian para desainer digital, ketika ingin melakukan percetakan. Karena mereka ingin merasa terpuaskan terhadap kualitas percetakan yang baik dan sesuai. Sehingga perlunya stategi khusus supaya hasil cetak sesuai dengan desain yang telah dirancang sebelumnya. Nah, dibawah ini akan dijelaskan beberapa tips agar Anda memperoleh hasil cetak secara maksimal. Beberapa panduan ini tentunya akan cocok sekali bagi Anda yang sedang ingin mencetak poster sebagai hiasan rumah, poster pertunjukkan, kampanye dan lainnya. Langsung saja berikut ulasannya :

Cara cetak Poster Agar Hasil Maksimal dan Berkualitas

cetak poster

Pilih CMYK atau RGB

CMYK adalah kepanjangan dari Cyan, Magenta, Yellow dan Black atau sebuah kombinasi pewarnaan yang kerap dipakai dalam percetakan. Sementara RGB adalah Red, Green, Blue yang sangat mudah sekali mengubah format warnanya menjadi CMYK. Caranya ada pada aplikasi Photoshop yakni dengan menu > mode > CMYK Colour. Pewarnaan ini dipakai dalam mempresentasikan warna yang sesuai pada desain yang telah dipilih.

Konversi ke CMYK

Apabila telah mengkonversi pewarnaan dari RGM menjadi CMYK, warna yang akan terlihat pada layar tentunya akan berbeda. Pewarnaan hijau dan biru jadi tidak ada warnanya. Jadi anda bisa melakukan dengan langkah pada aplikasi Photoshop yakni Gamut Warning Tool dari View > Gamut Warning di menu file. Langkah inilah yang digunakan untuk melihat warna yang tidak terkonversi dari RGM menuju CMYK.

Setting resolusi dengan tepat

Agar memperoleh hasil percetakan yang bagus, ada baiknya membuat file dengan ukuran besar. Usahakan perhatikan file yang dibuat mempunyai resolusi 300 dots (Dot Per Inch). Pengaturan tersebut bisa dilakukan dengan langkah File > New dan pada kotak resolution diisi 300 kata.

Baca Juga  Cetak ID Card Murah Cepat Berkualitas dan Terbaik

Mengatur ukuran yang tepat

Pastikan melakukan pemilihan ukuran cetak poster dengan kertas yang tepat semisal pada A2, A3, A4 dan sebagainya.

Memilih kertas yang cocok

Pemilihan jenis kertas tentunya akan berpengaruh terhadap kesan yang timbulkan pada kertas Anda. Untuk cetak poster sebaiknya memilih Art Paper yang berbobot 120-150 gsm.

Format File

Anda dapat mengubahnya ke format PDF beresolusi 300 dpi. Selain itu Anda bisa memakai file JPEG apabila resolusinya sesuai dengan harapan.

Lakukan Spellcheck

cetak poster

Perlunya melakukan check & recheck pada penulisan yang dibuat. Pastikan tidak ada salah dalah dalam pemilihan kata, huruf yang salah dalam pengetikan.

Periksa ulang Font yang Anda pakai

Terkadang ada font yang Anda pakai tidak tersimpan ke dalam komputer sewaktu dipakai untuk cetak poster. Jadi, pastikan selalu menyimpan font yang anda pakai dalam flasdisk ataupun hardisk apabila ingin mencetaknya ke komputer lain. Bisa juga mengubahnya dengan font tersebut menjadi curve, yang bisa dibuka dimanapun.

cetak poster

Mengunakan Vektor

Apabila ingin mencetak file denagn format yang lumayan besar, anda bisa mencetaknya dengan vektor. Anda dapat menggambar menggunakan aplikasi Adobe Illustor agar hasilnya terlihat lebih jernih.

Tentukan Percetakan yang tepat

Pastikan Anda menentukan jasa percetakan yang bisa mencetak dengan baik yakni bisa mengunjungi Rizang Pariwara karena disana akan mendapatkan cetak poster yang menghasilkan kualitas terbaik dan maksimal.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat